Sebentar Lagi, Google Assistant Bakal Diperkuat dengan Kecerdasan Buatan Bard

Google Assistant
Ilustrasi Foto Google Assistant

Moneoreo - Dalam waktu dekat, Google berencana meningkatkan kemampuan Google Assistant dengan fitur yang berasal dari AI, yakni Large Language Model (LLM) yang dipakai Chatbot Bard.

Hal ini diketahui secara langsung oleh Axios yang menerima sebuah email dan menyebutkan bahwa Google sudah mulai memberitahu karyawan pada divisi Assistant bahwa dalam waktu dekat mereka akan membenamkan LLM ke Google Assistant.

"Sebagian timnya sudah mulai menggarap ini, dimulai dari mobile," tulis Google dalam sebuah memo internal yang diterima oleh Axios.

Hal Buruk yang Akan Terjadi Pada Peningkatan Google Assistant

Google Assistant
Ilustrasi Foto Google Assistant

Namun, akan ada hal buruk yang terjadi pada peningkatan Google Assistant, salah satunya jumlah pegawai yang akan menggarap proyek ini akan dikurangi oleh Google.

Para pegawai yang posisinya dihapus nantinya akan diberi waktu selama 60 hari untuk mencari posisi lain yang ada di Google. Jadi, pegawai yang dihapus bukan berarti dipecat, melainkan digantikan dengan posisi yang lainnya.

Hingga saat ini, belum ada penjelasan yang pasti mengenai dampak yang akan ditimbulkan dari kehadiran AI ke dalam Google Assistant.

Namun, pihak Google menjelaskan nantinya akan ada teknologi yang sama dengan Chatbot AI yang ada seperti saat ini.

Contohnya saja Assistant akan menjawab segala jenis pertanyaan menggunakan data yang ada pada web yang kemudian akan dianalisa secara langsung oleh AI dalam waktu yang relatif cukup cepat.

"Ratusan juta orang menggunakan Assistant setiap bulannya dan kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman berkualitas tinggi ke mereka. Kami bersemangat untuk menjajaki bagaimana LLM bisa menggenjot kemampuan (supercharge) Assistant dan membuatnya menjadi lebih baik lagi," kata Jennifer Rodstrom selaku juru bicara Google.

Google Belum Menentukan Waktu Penerapan AI ke Google Assistant

Google Assistant
Ilustrasi Foto Google Assistant

Google juga belum menentukan waktu untuk menghadirkan Assistant yang dilengkapi dengan AI secara publik ke produk smartphone.

Karena jajaran produk smartphone tersebut tidak dijelaskan ke dalam memo internal. Tidak hanya itu saja, hal tersebut juga akan berpotensi menimbulkan masalah privasi bagi sebagian orang.

Posting Komentar untuk "Sebentar Lagi, Google Assistant Bakal Diperkuat dengan Kecerdasan Buatan Bard"