Gawat! Voyager 2 Hilang Kontak dengan NASA, Pesawat yang Capai 'Ujung Dunia'

Voyager 2
Ilustrasi Foto Voyager 2

Moneoreo - NASA baru-baru ini telah hilang kontak dengan Voyager 2 setelah sebelumnya badan antariksa dunia tersebut mengalami kekeliruan.

Voyager 2 merupakan wahana atau pesawat luar angkasa yang telah terbang hingga menembus lapisan luar tata surya bahkan hingga ke ujung dunia.

Pada bulan lalu, pesawat yang telah menjelajahi ruang angkasa sejak tahun 1977 tersebut dikirim dengan perintah yang salah.

Hal ini membuat Voyager 2 memiringkan antenanya ke titik dua derajat dari bumi. Akibatnya, Voyager 2 tidak lagi dapat menerima perintah ataupun mengirimkan data.

NASA pun berharap agar komunikasi dapat kembali dilanjutkan ketika Voyager direset kembali pada bulan Oktober mendatang.

Voyager Dua saat ini diketahui telah berjarak lebih dari 9,9 miliar km dari Bumi dan terbang dengan kecepatan sekitar 55.346 km/jam.

Sejak 21 Juli 2023 yang lalu, pesawat tersebut sudah tidak dapat lagi menerima perintah ataupun mengirimkan kembali data kepada NASA.

Sembari menunggu agar bisa terhubung kembali, NASA pun berharap pesawat ruang angkasa tersebut tetap dalam keadaan baik dan berada pada lintasan yang telah direncanakan.

Voyager 2 dan Voyager 1 merupakan satu-satunya pesawat ruang angkasa yang pernah menembus luar heliosfer atau gelembung pelindung partikel dan medan magnet yang dihasilkan oleh matahari.

Mereka telah berhasil mencapai ruang antar bintang pada tahun 2018 dan tahun 2012. Bahkan, Voyager 2 pernah melewati Neptunus dan Uranus.

Sementara untuk Voyager 1 jaraknya saat ini sudah 24 km dari bumi. Hal ini tentu menjadikannya sebagai pesawat ruang angkasa ciptaan manusia yang dapat menembus alam semesta dengan jarak yang sangat jauh.

Kedua pesawat ruang angkasa tersebut diketahui dibuat untuk tujuan penelitian alam semesta.

Posting Komentar untuk "Gawat! Voyager 2 Hilang Kontak dengan NASA, Pesawat yang Capai 'Ujung Dunia'"