Inilah 7 Etika Saat Chatting dengan Orang Lain, Wajib Tahu!

Etika Saat Chatting dengan Orang Lain
Image Source : cnnindonesia.com

Moneoreo - Etika saat chatting dengan orang lain tentu harus senantiasa untuk diperhatikan. Karena di era digital, kemudahan dalam komunikasi jarak jauh dengan orang lain semakin canggih.

Kalau pada era 90’an dulu kita hanya sebatas surat dan telepon umum, kini kita bisa menikmatinya dengan berbagai layanan seperti chatting dan video call.

Kedua layanan ini bisa kita nikmati di berbagai platform seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Telegram dan lain sebagainya.

Untuk sekedar berpesan singkat, dulu kita bisa menggunakan layanan SMS. Namun seiring berkembangnya jaman, layanan ini mulai ditinggalkan dan beralih pada layanan chat atau chatting.

Karena layanan chatting mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan SMS. Seperti tarif yang lebih hemat, pesan lebih cepat tersampaikan dan berbagai fitur lainnya yang tidak dimiliki layanan SMS.

7 Etika Saat Chatting dengan Orang Lain

Etika Saat Chatting dengan Orang Lain
Image Source : treat.id

Seperti halnya saat berbicara dengan orang lain, pada saat chatting juga memiliki etika yang harus kita perhatikan.

Meskipun kita tidak bertatap muka secara langsung, alangkah baiknya untuk tetap menjaga etika-etika dalam komunikasi khususnya melalui layanan chatting.

Nah, berikut ini beberapa etika saat chatting dengan orang lain yang harus diketahui.

1. Gunakan Kata Sapaan

Etika Saat Chatting dengan Orang Lain
Image Source : quizizz.com

Untuk mengawali sebuah chat, baiknya gunakan kata sapaan terlebih dulu. Menjadi tidak etis jika kita secara langsung mengirim isi pesan kita. Perhatikan contoh berikut ini.

“Tolong nanti bawakan kunci yang ada di atas meja”

“Kak, tolong nanti bawakan kunci yang ada di atas meja”

Dari contoh di atas, manakah yang lebih memiliki etika. Walaupun lawan chatting kita lebih muda, sebaiknya tetap perhatikan etika saat sedang chatting.

2. Tidak Membalas Chatting

Etika Saat Chatting dengan Orang Lain
Image Source : cnnindonesia.com

Saat pesan kamu telah tersampaikan atau bahkan sudah dibaca oleh penerima, bagaimana perasaan kamu kalau si penerima tidak membalas pesanmu itu?

Pastinya akan kesal kan? Sebaiknya segera balas chat yang kamu terima, terlebih jika isi pesan itu penting dan segera untuk dijawab.

3. Menggunakan Bahasa yang Sopan

Etika Saat Chatting dengan Orang Lain
Image Source : islami.co

Walaupun sebatas chatting, tetap gunakan bahasa yang sopan dan santun. Ingat, attitude kamu cerminan kepribadianmu. Etika saat chatting dengan orang lain juga akan menjadi penentu kepribadianmu.

4. Menggunakan Tanda Baca yang Benar

Etika Saat Chatting dengan Orang Lain
Image Source : pesantrenmaqi.net

Perhatikan tanda baca isi pesan sebelum kamu kirim. Seperti tanda koma, titik, tanda tanya dan sebagainya. Jika tidak menggunakan tanda baca yang benar, si penerima bisa salah mengartikan isi pesanmu. Perhatikan contoh berikut.

“Kak, sudah makan”

“Kak, sudah makan?”

“Kak, sudah makan!”

Ketiga contoh chat di atas memiliki arti yang berbeda. Jadi, tetap gunakan tanda baca yang benar ya.

5. Tidak Membalas dengan Satu Huruf

Etika Saat Chatting dengan Orang Lain
Image Source : idntimes.com

Tak sedikit orang yang membalas chat dengan cuma satu huruf saja. Seperti, “Y”, “P”, “O” atau “G”. Apakah kamu pernah menjadi korbannya?

Pastinya kamu merasa kesal. Tentu etika saat chatting dengan orang lain yang satu ini harus senantiasa diperhatikan.

6. Tidak Terlalu Banyak Menggunakan Emoji

Etika Saat Chatting dengan Orang Lain
Image Source : unbox.id

Fitur emoji memang digunakan untuk menggambarkan ekspresimu saat sedang chatting.

Namun, lebih baik tidak menggunakan terlalu banyak atau sering saat sedang chatting. Beberapa orang akan merasa terganggu dengan emoji-emoji yang dikirimkan.

7. Menghapus Pesan

Etika Saat Chatting dengan Orang Lain
Image Source : tribunnews.com

Saat kamu menghapus pesan sebelum dibaca oleh penerima, sebaiknya diikuti dengan chat yang menjadi alasan pesan itu dihapus. Seperti, “Sorry bro, salah kirim” atau “Maaf pak, HP dibuat main sama anak-anak”. Ini akan melegakan rasa penasaran si penerima tersebut.

Nah, itu tadi beberapa etika saat chatting dengan orang lain yang harus kamu perhatikan. Dengan saling menjaga etika-etika tersebut akan membuat nyaman antara kamu dan si penerima.

Posting Komentar untuk "Inilah 7 Etika Saat Chatting dengan Orang Lain, Wajib Tahu!"